Senin, 22 November 2010

keputusan pembelian televisi LG terhadap daya beli masyarakat Surakarta.

1. Tema : Keputusan Pembelian
Pengarang : Fitria Indriani Hapsari
Tahun pembuatan : 2009
2. Judul : keputusan pembelian televisi LG terhadap daya beli masyarakat Surakarta.
3. Latar belakang masalah :
Permintaan televisi terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Masyarakat Surakarta sendiri banyak menggunakan televisi sebagai media hiburan maupun media informasi.

Masalah : Banyak type televisi yang ditawarkan di pasaran dari berbagai merek dan dari negara asal produk tersebut diproduksi. Sehingga saya ingin mengetahui seberapa besar selera masyarakat terhadap merk LG.

Tujuan : untuk mengetahui pengaruh negara asal, harga produk, iklan, kesadaran merek, dan pendapatan konsumen terhadap keputusan pembelian.
4. Metodologi :
a. Data dan variabel.
Obyek dalam penelitian ini adalah masyarakat Surakarta yang memiliki merk tv LG.
Variabel : yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah variabel negara asal kemudian diikuti dengan pendapatan konsumen, kesadaran merek, harga dan iklan.
b. Model sampling : pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil pengujian yang diperoleh mengindikasi hubungan yang positif dan signifikan antar variabel. Uji regresi linier berganda menunjukkan Y = 1,279 + 0,307 X1 + 0,201 X2 + 0,123 X3 + 0,281 X4 + 0,301 X5.
c. Tahapan penelitian
• survei dengan teknik pengambilan sampel.
• Pembagian sampel.
• Uji regresi linear berganda.
5. Hasil dan pembahasan
• Hasil pengujian yang diperoleh mengindikasi hubungan yang positif dan signifikan antar variabel.
• Hasil uji-t menunjukkan ada pengaruh secara parsial antar variabel independen terhadap variabel dependen.
• Uji model pada setiap indikator.
6. Kesimpulan dan saran.
a. Kesimpulan : Sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 orang, F hitung = 34,195 dan sig. 0,000, R2 diperoleh sebesar 0,561, variasi keputusan pembelian sebesar 56,1%, sisanya sebesar 43,9% dipengaruhi dari variabel yang tidak penulis teliti.
b. Saran : dari studi ini sebaiknya penelitian selanjutnya dilakukan dengan memperluas responden dan mengembangkan variabel-variabel yang diteliti dan diuji lagi dengan menggunakan metode dan pendekatan yang berbeda Studi ini memberikan implikasi bagi pemasar yaitu dengan lebih meningkatkan frekuensi iklan, kejelasan informasi produk, dan inovasi dalam beriklan dengan cara membuat iklan yang bagus dan menarik dibandingkan dengan merek lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar