Sabtu, 27 November 2010

Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Pada Masyarakat di Wilayah Pamulang

Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Pada Masyarakat di Wilayah Pamulang
BAB I
PENDAHULUAN


1. LATAR BELAKANG MASALAH

Perilaku pembelian seseorang dapat dikatakan sesuatu yang unik,
karena preferensi dan sikap terhadap obyek setiap orang berbeda. Selain itu
konsumen berasal dari beberapa segmen, sehingga apa yang diinginkan dan
dibutuhkan juga berbeda. Masih terdapat banyak faktor yang berpengaruh
terhadap keputusan pembelian. Produsen perlu memahami perilaku konsumen
terhadap produk atau merek yang ada di pasar, selanjutnya perlu dilakukan
berbagai cara untuk membuat konsumen tertarik terhadap produk yang
dihasilkan.
Assael (1995) dalam Sodik (2004) mengembangkan model perilaku
konsumen dengan menetapkan tiga faktor yang berpengaruh terhadap perilaku
konsumen.
Faktor pertama yang berpengaruh pada konsumen adalah stimuli.
Stimuli menunjukkan penerimaan informasi oleh konsumen dan pemprosesan
informasi terjadi saat konsumen mengevaluasi informasi dari periklanan,
teman atau dari pengalaman sendiri. Pengaruh kedua berasal dari Hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi proses
atau keputusan pembelian telah banyak dilakukan. Melalui riset ini akan
dianalisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keputusan
pembelian sepeda motor HondaVario . Ketertarikan pemilihan merek tersebut
karena produk sepeda motor Honda vario semakin diminati tidak hanya
dikalangan wanita Indonesia tetapi juga seluruh kalangan anak muda. Gaya
hidup modern merupakan salah satu faktor individu yang dapat
mempengaruhi perilaku pembelian seseorang, Sepeda motor Honda vario
adalah salah satu sepeda motor outometic atau disebut juga Skutermatik yang
dulunya di rancang khusus untuk wanita, tetapi sekarang diminati oleh semua
kalangan anak muda.
2. Masalah
a. Batasan masalah
berdasarkan batasan masalah yang dikemukakan sebelumnya, permasalahan yang dihadapi adalah volume penjualan sepedah motor honda vario yang berada diposisi no 2 sehingga pihak honda sendiri harus merilis produk baru yang dia beri nama honda beat.
Dilihat dari pendahuluan di atas di tarik beberapa pertanyaan yaitu:
 Apakah kualitas produk berpegaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian produk sepeda motor Honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang?
 Apakah promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang?
 Apakah desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang?
 Apakah secara bersama-sama kualitas produk, promosi, dan desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang?
 Faktor manakah diantara kualitas produk, promosi, dan desain yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang?




b. Tujuan penelitian
sesuai dari rumusan masalah di atas dapat di lihat tujuan masalah dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produksi, promosi, dan desain
terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda vario pada
masyarakat wilayah Pamulang baik secara sendiri-sendiri maupun secara
bersama-sama.
2. Untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap
keputusan pembelian produk sepeda motor Honda vario pada masyarakat
wilayah Pamulang.

c. kerangka teori
 kualitas produk berpegaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian produk
 promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
produk
 desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
produk
 secara bersama-sama kualitas produk, promosi, dan desain
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk












Keterangan
Sepeda motor model Skutermatik semakin melaju. Kontribusinya
hampir setara dengan penjualan sepeda motor model Bebek 125cc ke atas
yang merupakan produk andalan. Dapat dilihat tercatat volume penjualan
semester pertama tahun 2007 sebagai berikut:

Tabel 1.1
Volume penjualan semester pertama tahun 2007
Skutik
Posisi Model / Type Penjualan
1 Yamaha mio 224.190
2 Honda beat 220.180
3 Suzuki Spin 27.809
4 Yamaha Nouvo 8.388
5 Kymco Free 2.711
Sumber: Tabloid Otomotif (Edisi 16/XVII/2007, 20 juli 2007)

Prestasi yang baik diraih oleh Honda vario yang mampu berada di
posisi 2 padahal ini termasuk skutermatik yang baru datang belakangan. Tentu
saja perusahaan honda tidak tinggal diam. Dan untuk mendapatkan posisi nomer satu, honda bulan Agustus 2007 merilis Honda beat
yang tampangnya lebih ramping . Rupanya Honda sadar bahwa walau pun
Honda beat dibuat untuk wanita, tetapi pemakai beat justru lebih banyak
pria. Sedangkan Yamaha Nouvo cukup berada di posisi 4 mengungguli
Kymco si pelopor pertama sepeda motor outomatik.Tabloid Otomotif (Edisi
16/XVII/2007, 20 juli 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar